Pengertian, Macam - macam dan Keuntungan Menggunakan VTP

Halo teman - teman, apakah yang kalian ketahui tentang VTP (Virtual Trunking Protocol) ? Bagi para administrasi jaringan pasti sudah familiar, apa lagi bagi pengguna perangkat Cisco Switch Catalist. Metode ini sangat membantu admin dalam mengelola VLAN dalam jumlah besar. Okeh, kita langsung masuk ke materi tentang Pengertian, Macam - macam dan Keuntungan Menggunakan VTP.


Pengertian VTP (Virtual Trunking Protocol)

VTP (Virtual Trunking Protocol) adalah suatu protocol untuk mengenalkan suatu atau sekelompok VLAN yang telah ada agar dapat berkomunikasi dengan VLAN jaringan lain. VTP bekerja pada layer 2 yaitu Data Link.

VTP sangat membantu dalam suatu penggunaan VLAN. Saya contohkan jika terdapat 3 buah switch dengan masing - masing terhubung 5 PC. Jika kita tidak menggunakan VTP, maka kita harus mengkonfigurasi seluruh switch secara manual dan itu cukup merepotkan. Dengan adanya fitur VTP kita hanya perlu mengkonfigurasi salah satu router yang menjadi server dan switch lainnya kita jadikan client.

Mode VTP

  1. Mode Server adalah mode default unuk semua switch catalyst, artinya dalam satu domain membutuhkan minimal satu VTP server yang bertindak menyebarkan informasi keseluruh switch dalam satu domain yang sama
  2. Mode Client adalah mode yang hanya bisa menerima informasi VLAN dari VTP server, VTP client ini tidak diperbolehkan mengubah atau menghapus VLAN.
  3. Mode Transparent adalah mode yang tidak berpartisipasi dalam VTP, dimode ini hanya sebagai pintu masuk untuk menuju ke mode client. Jika terdapat VLAN yang sama antara server dan client maka mode ini akan meneruskan informasi ke client. Namun jika tidak sama maka akan terjadi failed dalam suatu koneksi

Keuntungan Menggunakan VTP :

  1. Kinerja lebih stabil
  2. Tracking dan Monitoring yang akurat
  3. Reporting yang dinamis tentang VLAN - VLAN yang ditambahkan kesemua switch di broadcast domain yang sama
  4. Menambahkan VLAN melalui plug and play
  5. Lebih mudah menyebarkan informasi VLAN pada suatu jaringan.

Kesimpulan

Jadi VTP adalah protocol untuk mempermudah admin dalam melakukan konfigurasi pada switch catalyst. Dengan metode ini, kita tidak perlu ribet lagi untuk mengatur perangkat satu persatu. Namun, jika pada VTP Server terjadi kesalahan maka seluruh jaringan akan mengalami gangungan jaringan. Untuk kalian yang masih kurang jelas dengan penjelasan diatas kalian bisa buka artikel "VTP : Pengertian, Macam Mode VTP dan Keuntungan".

Terima Kasih sudah mengunjungi situs - SecondlineIT

0 Response to "Pengertian, Macam - macam dan Keuntungan Menggunakan VTP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel