Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Keuntungan VLAN

Halo teman - teman, mendengar kata VLAN pasti berhubungan dengan virtual. Bagi admin yang sudah handal pasti sudah mengenal VLAN dan menerapkannya, Tapi bagi kalian yang masih baru belajar pasti bertanya - tanya Apa sih VLAN. Apakah kalian tahu jika VLAN dapat menghemat biaya dalam membangun jaringan dengan skala besar ?. Jika kalian penasaran bisa langsung baca artikel tentang "Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja VLAN".

Pengertian VLAN

Menurut Wikipedia, VLAN adalah sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (dengan perangkat lunak) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.
VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan - jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched yang sama agar komputer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap komputer harus memiliki sebuah alamat IP dan subnet mask yang sesuai dengan VLAN tersebut.

Jenis - Jenis VLAN

  1. Default VLAN adalah VLAN yang sudah ada sejak pertama kali switch dihidupkan sebelum dikonfigurasi, semua port yang ada pada switch akan tergabung ke dalam default VLAN dan dapat tergabung pada masing - masing VLAN. Pada Cisco, default VLAN adalah VLAN 1.
  2. Data VLAN adalah VLAN yang mengatur traffic data pada VLAN
  3. Nativa VLAN adalah VLAN yang dikembalikan ke suatu port apabila tidak dalam bentuk trunking dan intagged,
  4. Voice VLAN adlah VLAN yang mendukung VoIP dan dikhususkan untuk komunikasi dara suara pada VLAN
  5. Management VLAN adalah VLAN yang dikonfigurasi untuk managemen switch

Fungsi VLAN

Menurut IEEE standart 802.1Q, VLAN memberikan sebuah metode untuk membagi satu fisik network ke banyak broadcast domain. Broadcast domain ini biasanya sama dengan batas IP subnet, tiap subnet mempunyai satu VLAN. VLAN memperbolehkan banyak Virtual LAN berdampingan dalam sebuah fisik LAN (switch). Jadi, semisal ada dua mesin yang terhubung dalam switch, keduanya tidak dapat mengirim ethernet frame ke mesin lain meski dalam satu yagn sama.

Cara kerja VLAN

VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan baik menggunakan port, MAC address dan lain - lainnya. Semua informasi yang mengandung penandaan / pengalamatan suatu VLAN (tagging) di simpan dalam suatu database (table), jika penandaanya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mencarat port - port yang digunakan oleh VLAN.

Untuk mengaturnya, maka digunakan switch / bridge yang dapat diatur. Switch / Bridge yang dapat menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch / bridge memiliki informasi yang sama. Switch akan menentukan kemana data akan diteruskan dan sebagainya.

Keuntungan VLAN

  1. Security, tiap data yang bersifat sensitive akan terpisah dari jaringan yang ada sehingga mengurangi pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting
  2. Cost Reduction, dapat menghemat biaya karena tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrade jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink tersedia
  3. Higher Performance, dapat mengurangi traffic yang tidak diperlukan dalam jaringan dan meningkatkan performa karena membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa workgroup secara logik
  4. Broadcast Strom Mitigation, dapat mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast
  5. Improved IT Staff Efficiency, dapat memudahkan pengelolaan jaringan karena user dengan kebutuhan jaringan yang sama akan berbagi VLAN yang sama
  6. Simpler Project or Application Management, memudahkan pengelolaan sebuah project atau bekerja karena memiliki fungsi - fungsi terpisah

Kesimpulan

Nah, setelah kita mengenal adanya fitur VLAN, kita bisa lebih efisien dalam membangun sebuah jaringan. Apalagi jaringan dalam jumlah besar, kita tidak perlu repot - repot mengeluarkan biaya yang besar. Namun, dalam pengerjaannya butuh sekali ketelitian, karena kita membuat beberapa jalur dalam satu interfaces yang sama. Jika materi diatas masih kurang jelas kalian bisa membaca artikel "VLAN : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara kerjanya".

Terima Kasih telah mengunjungi situs - SecondlineIT

1 Response to "Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Keuntungan VLAN"

vlan said...

terimakasih atas informasinya, sangat berguna untuk yang baru belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel